Wednesday, November 6, 2013

AION Online

Beberapa tahun yang lalu muncul next-gen console seperti PS3 dan XBOX360 yang menghadirkan game2 dengan kualitas luar biasa terutama secara grafis, nah pada saat itu pula muncul sebuah engine game luar biasa bernama CryEngine yang dikembangkan oleh Crytek digunakan dalam game Crysis dan alhasil game ntu mendapatkan berbagai penghargaan karena grafis-nya keren abiz. Ini dia screenshot dari penggunaan CryEngine2 pada Game Crysis :Crysis_Engine
Dan pada perkembangannya muncul CryEngine3 dan ini dia contoh penggunaan Cryengine3 :
Cryengine3_screenshot
Rupanya dengan kehadiran Game Engine seperti itu perusahaan game online raksasa asal Korea, yaitu NCsoft dapat melihat peluang untuk memanfaatkan teknologi dahsyat tersebut kedalam sebuah game MMORPG (MAssive Multiplayer Online Rple Playing Game) dan akhirnya lahirlah Aion Online, sebuah game online dengan grafis yang memukau.
Didalam Aion Online terdapat 2 fraksi yang dapat kita pilih, yaitu Elyos dan Asmodians. Dalam tiap fraksi kita dapat memilih class dasar masing2, yaitu Warrior, Scout, Mage dan Priest. Memang mulanya hanya 4, namun dalam perkembangannya tersedia berbagai class yang sangat menarik dan yang paling menarik bagiku adalah Spirit Master yang dapat memanggil dan mengendalikan monster.
Inilah 2 fraksi yang kumaksud :

elyos
asmodians
Dan inilah screenshot pemilihan class dari tiap fraksi (race) :
class (Elyos)
class asmodians (Asmodians)
Dan inilah screenshot tampilan pembuatan karakter :char
Bisa dilihat kan kalau dari segi grafis Aion Online ini top abiz. Dari segi gameplay juga fantastis. Karakter kita memiliki sayap yang dibedakan dari tiap fraksi, Elyos dengan sayap putih dan Asmodians dengan sayap hitam. Nah fitur yang sangat menarik adalah adanya pertarungan di angkasa dimana karakter kita dapat bertarung dengan leluasa di udara, bukan hanya untuk job dengan serangan jarak jauh, namun job semacam warrior juga dapat bertarung di udara dengan sangat leluasa ketika terbang.
Yah berhubung warnet di sekitar tempat tinggalku belum ada yg menyediakan Aion Online, lagipula  system requirement yang dibutuhkan untuk memainkan game ini cukup tinggi, melihat kualitas grafis yang memukau, jadi diriku sendiri belum pernah mencoba namun langsung tertarik dengan grafis-nya serta gameplay yang sepertinya menjanjikan. Selain itu juga sepertinya belum ada pihak Indo yang mau meng-import game ini. ^_^
Kalau dilihat dari Wikipedia sih sysReq untuk Aion Online ini cukup tinggi untuk ukuran game online :
  • Minimum: Pentium 4 2.8GHz, AMD Athlon 2800+; 1 GB RAM; GeForce 6600, Radeon X1550; Hard Drive 15GB; DirectX 9.0c(2008,6)
  • Recommended: Pentium Dual Core, AMD Athlon 64 X2; 2 GB RAM; GeForce 7600, Radeon HD 2600; Hard Drive 15GB; DirectX 9.0c(2008,6)
Sekilas ketika melihat game ini diriku jadi ingat Perfect World yang walaupun tanpa Engine semacem CryEngine namun mampu menghadirkan pemandangan yang sangat indah, tentu saja tidak bisa dibandingkan dengan Aion secara Grafis. ^_^ Dari segi gameplay juga mirip soalnya Perfect World juga salah satu fraksi, yaitu Peri (Winged Elf) juga mempunyai sayap yang memungkinkan kita untuk terbang dengan leluasa, namun dalam Perfect World pertarungan di udara kurang memungkinkan, paling hanya job archer atau priest atau karakter lain dengan tipe serangan jarak jauh. Dari character customization juga hampir sama dengan Perfect World yang memungkinkan kita untuk mengkustomisasi karakter semau kita dengan variasi yang berlimpah, namun tentu saja Aion Online lebih lengkap karena notabene juga lebh baru. ^_^
Yang kusuka dari Aion Online ini adalah semuanya serba HD (High-Definition), mulai dari game’a emang udah HD, lalu segala pernak-pernik di situs resmi’a juga HD, mulai dari Wallpaper berresolusi tinggi sampai Video2 trailer’a juga, lah salah satu trailer yang ku-download besarnya mencapai 788Mb dengan format AVI, padahal pas di play durasinya cuma sekitar 5 menit-an.

2 comments: